Sabtu, 27 Desember 2014

Penerapan E-Government: Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE)



Diantara program reformasi birokrasi adalah penataan tata laksana dalam menjalankan roda pemerintahan. Salah satu kegiatan dalam program ini adalah pembangunan/pengembangan e-office atau e-government. Sejalan dengan kemajuan IPTEK, khususnya di bidang komunikasi dan telekomunikasi, pengelolaan tata naskah dinas di lingkungan instansi pemerintah perlu dikelola secara elektronis agar lebih efektif dan efisien berdasarkan pada Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 22/2008 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas.
Bakosurtanal sebagai salah satu Lembaga Pemerintah Non Kementerian sangat mendukung rencana pemerintah di dalam membangun e- government melalui pengelolaan tata naskah dinas elektronik di lingkungan Bakosurtanal. Hal tersebut ditunjukan dengan melakukan kegiatan pengadaan perangkat lunak untuk tata naskah dinas elektronik melalui Biro Keuangan, Kepegawaian dan Umum bekerjasama dengan dengan Biro Perencanaan dan Hukum.
Untuk mengetahui sejauh mana sistem perangkat lunak yang telah dikembangkan maka diadakanlah sosialisasi di Gedung Utama Bakosurtanal oleh konsultan kepada para pejabat di lingkungan Bakosurtanal dengan maksud agar perangkat lunak ini benar-benar dapat digunakan dan di implementasikan dalam tata laksana persuratan.
Kepala Bakosurtanal, Asep Karsidi menekankan bahwa kunci keberhasilan e-government adalah mental dan mindset, dimana dengan mindset yang dimiliki oleh setiap SDM Bakosurtanal harus dibarengi dengan mental yang positif. Sehingga terciptalah sistem dan mekanisme yang tertata apik serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan meningkatnya kinerja di lingkungan Bakosurtanal.
Dengan dibangunnya Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) akan sangat memudahkan para pimpinan (dibantu dengan sekretaris pimpinan) untuk menelusuri surat yang masuk, didisposisikan, dan juga untuk memonitor tindak lanjut dari isi surat. Untuk ke depannya tata naskah dinas elektronik direncanakan akan diintegrasikan ke dalam sistem jaringan data dan informasi elektronik di Bakosurtanal.

Link : http://www.bakosurtanal.go.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.