Minggu, 08 Januari 2012

Penyakit Menular Di Indonesia Berlangsung Lama

Jakarta ( Berita ) :  Penyakit menular seperti tuberkulosis, HIV dan influenza merupakan masalah kesehatan yang sangat lama terjadi di Indonesia yang disebabkan meningkatnya jumlah perjalanan udara dan tingkat urbanisasi, serta pertumbuhan penduduk yang pesat.
Komisi Perdagangan dan Investasi Senior Regional, Indonesia, Leith Doody dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu [06/04], mengatakan, Kedutaan Besar Australia dalam upaya mengatasi penyakit menular itu akan melakukan lokakarya bidang pendidikan dan alumni dengan tema “Penyakit Menular-Kontrol, Etika dan Managemen di Jakarta.
Faktor utama penyebab munculnya penyakit menular itu antara lain perkembangan biologi yang menyebabkan timbulnya bakteri dan parasit yang kemungkinan berbahaya, katanya.
Ia mengatakan, Australia memiliki ilmu biomodik dan pendidikan yang tinggi apalagi Pemerintah Australia memberikan dukungan dana yang cukup besar dalam masalah ini.
Kemampuan Australia mengembangkan vaksin kanker serviks merupakan salah satu keberhasilan negara itu mengembangkan pengetahuannya seperti Prof Ian Frazer yang memperoleh gelar ‘Australia of the Year pada 2006′, katanya.
Bidang pendidikan di Australia, lanjut dia, mendapat dukungan yang besar dari pemerintah terutama dalam hal riset pendidikan tinggi.
Sejak 2004 sampai 2009 lebih dari 3 miliar dolar AS telah dialokasikan untuk 20.350 program riset yang baru dan sedang berjalan, katanya.
Karena itu, menurut dia, para mahasiswa universitas Australia mendapatkan keuntungan dengan mengambil proyek riset spesialisasi selama program belajar mereka di sana.
Dari Asosiasi Rumah Sakit Indonesia, Dr Muki Reksoprojo dan Dekan Fakultas Kedokteran University of Sydney akan membuka sesi lokarkarya dimana peserta dapat mendengarkan para ahli membahas bidang keahlian mereka. (ant )


Tangggapan :
Penyakit menular seperti tuberkulosis, HIV dan influenza merupakan masalah kesehatan yang sangat lama terjadi di Indonesia yang disebabkan meningkatnya jumlah perjalanan udara dan tingkat urbanisasi, serta pertumbuhan penduduk yang pesat. Seharusnya pemerintah Indonesia mendukung dan perduli terhadap masalah penyakit menular ini dan mencontoh pemerintah asutralia dengan memberikan anggaran yang cukup pantas untuk menyelesaikan penyakit menular ini. Pemerintah juga dapat mengikutsertakan mahasiswa dalam masalah ini karena dapat menambah pengalaman dan kreatifitas dan ilmu pengetahuan mahasiswa dapat berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.